Selamat datang di dunia saiaa

Silahkan lirik,,^0^"
lalu mulailaah berbagie dengan saya..

Tersndiri

Tersndiri

Selasa, 02 Oktober 2012

Diagram Swan


Swan Diagram
Diagram swan yang dikembangkan oleh Trevor W. Swan (1955) menunjukkan keseimbangan fundamental ekonomi makro internal dan eksternal.  Diagram swan ini digunakan untuk mengevaluasi perubahan ekonomi yang dihasilkan dari kebijakan yang mempengaruhi pengeluaran domestic atau relative permintaan untuk barang-barang asing dan domestic.

(Gambar diagram swan)

Pada diagram, menunjukkan sumbu horizontal adalah jumlah real domestic absorption, dimana adalah penjumlahan anata konsumsi, investasi, dan pengeluaran pemerintah. Sumbu fertikal menunjukkan nilai tukar riil, yang menunjukkan adanya peningkatan depresiasi riil yang dampaknya pada perbaikan persaingan internasional.
IB menunjukkan kombinasi nilai tukar dan domestic absorption, yang menunjukkan perekonomian berada pada keseimbangan internal dan posisi perekonomian berada pada fullemployment dan kestabilan harga dalam negri. Kemiringan negative (menurun) yang ditunjukkan olh kurva IB disebabkan oleh apresiasi nilai tukar dapat menurunkan ekspor dan meningkatkan impor. Maka untuk mempertahankan posisi tersebut, perlu mempertahankan sector domestic. Sebelah kanan kurva IB menunjukkan tekanan inflasi, hal tersebut disebabkan oleh pengeluaran domestic lebih besar dari pada yang dibutuhkan didalam mempertahankan fullemployment. Sebelah kiri IB menunjukkan deflasi, disebabkan oleh pengeluaran yang terlalu besar dari pada yang dibutuhkan.
Kurva EB juga menunjukkan kombinasi antara nilai tukar dan domestic absorption, yang menunjukkan perekonomian berada pada posisi keseimbangan eksternal, yaitu keseimbangan current account. Bentuk kemiringan kurvanya adalah positif, yang disebabkan depresiasi nilai tukar dapat mendorong ekspor dan sebaliknya, menurunkan impor. Cara mengatasi surplus pada current account, pengeluaran dalam sector domestic perlu ditingkatkan. Disebelah kanan EB, menunjukkan pengeluaran domestic lebih tinggi dalam mencapai current account, akibatnya current account menjadi deficit. Sebaliknya disebelah kiri EB, menunjukkan current account yang surplus.


                     (Gambar Diagram Swan)
Dua garis tersebut, mewakili masing-masing sisi internal dan eksternal.keseimbangan pada sumbu yang ditunjukkan pada gambar mewakili biaya domestic relative dan fiscal. Kedua instrument sama-sama dibutuhkan agar tujuan dapat tercapai. 

( Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar